Tips Bayar Tagihan Bulanan Aman dengan Kartu Kredit

Agar kami dapat memanfaatkan fitur konsolidasi tagihan bulanan kartu kredit, kami perlu memastikan beberapa hal. Berikut tips aman membayar tagihan bulanan dengan kartu kredit:

1. Alokasi Gaji

Setelah gaji/penghasilan dari perusahaan masuk ke rekening, segera sisihkan sejumlah uang tertentu untuk membayar tagihan bulanan. Tagihan TV kabel Internet biasanya tetap dari bulan ke bulan, sehingga mudah untuk disesuaikan.

Tapi tagihan listrik dan air dan sejenisnya bisa fluktuatif. Agar lebih aman, sisihkan lebih dari yang biasanya dibayarkan per bulan.

Misalnya, biasanya total tagihan adalah 1 juta rupee, menyisihkan 1,3 juta rupee pendapatan per bulan untuk membayar tagihan. Toh, jika tagihan tidak mencapai 1,3 juta rupiah, sisa dana dikembalikan ke rekening kita.

tagihan listrik bulanan

Setelah membayar gaji, jangan lupa untuk segera mengalokasikannya untuk keperluan apapun selama sebulan

Hal ini berguna untuk memastikan tagihan terbayar lunas pada saat jatuh tempo kartu kredit. Sehingga Anda dapat menghindari pembayaran tagihan kartu kredit minimum.

2. Anda memiliki lebih dari satu kartu

Jika Anda merasa sulit untuk mengontrol keinginan berbelanja dengan kartu kredit tetapi ingin menggabungkan tagihan Anda, cukup gunakan dua kartu. Izin untuk kartu khusus untuk membayar tagihan bulanan. Kartu lain untuk tujuan lain.

Jadi, Anda dapat menghindari bypass kartu kredit. Namun tips ini percuma jika kita tidak mengalokasikan pendapatan untuk membayar tagihan kartu kredit.
Berapa pun kartu kredit yang kita miliki, jika pengaturan pemasukan dan pengeluaran kita kacau balau, risiko utang tetap mengintai. Kalaupun punya beberapa kartu, ini artinya utang akan bertambah jika tidak semua lunas saat jatuh tempo.
Bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kartu kredit, Anda harus disiplin dalam mengatur penggunaan masing-masing kartu jika tidak ingin berakhir bermasalah!

Namun meski kita bisa mengatur keuangan dan melunasi utang kartu kredit tepat waktu, bukan berarti kita bisa lolos dari pengawasan tagihan bulanan, bukan? Rincian biaya yang datang setiap bulan dari penggunaan listrik, air, dll, masih harus kita pertimbangkan.

Jika terjadi kesalahan costing dan kita justru membayar tagihan bulanan secara otomatis dengan kartu kredit, ini bisa jadi kerugian kita. Kami juga dalam kesulitan karena kami harus mengurus kesalahan ini ke kolektor atau bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Ingat pepatah, di tangan orang benar, pisau bisa menjadi alat yang berguna untuk memasak. Namun di tangan yang salah, pisau bisa menjadi alat untuk melukai orang bahkan diri sendiri.

Artinya, kemanfaatan suatu barang tergantung pada orang yang memegangnya. Sebesar apapun manfaatnya, jika kita menyalahgunakannya bisa berbalik dan membuat kita rugi sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published.