Jenis Asuransi di Indonesia

Pada prinsipnya asuransi dibagi berdasarkan subyek pertanggungan, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, asuransi umum dan asuransi sosial. Di bawah ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis asuransi di Indonesia.
1. Asuransi kesehatan

Apa itu asuransi kesehatan? Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menjamin tertanggung untuk menanggung segala biaya pengobatan.

Biaya pengobatan ini meliputi biaya rawat inap, biaya operasi dan biaya pengobatan. Produk asuransi kesehatan yang biasanya dibutuhkan masyarakat adalah cash plan rumah sakit dan asuransi penyakit kritis.
2. Asuransi jiwa

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga merupakan salah satu jenis asuransi yang populer di Indonesia. Jadi apa itu asuransi jiwa?

Asuransi jiwa adalah program perlindungan finansial berupa santunan tunai dalam hal pemegang polis terkena risiko kematian atau cacat total tetap (tertanggung).

Produk asuransi jiwa yang banyak dicari adalah asuransi pendidikan. Besarnya jaminan dalam asuransi jiwa disesuaikan dengan premi yang dibayarkan.
A
Sebagai gambaran besaran yang dijamin, berikut adalah kalkulator pertanggungan asuransi jiwa berdasarkan pendapatan.

3. Asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan adalah produk asuransi yang memberikan solusi finansial jika tertanggung terkena risiko kecelakaan diri.

Solusi yang ditawarkan oleh asuransi kecelakaan diri biasanya berupa santunan kematian dan biaya pengobatan akibat kecelakaan.
4. Mengamankan koneksi unit

Asuransi Unit Link merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan dan investasi. Artinya, nasabah bisa mendapatkan manfaat asuransi dan nilai tunai investasinya sekaligus. Biasanya produk ini banyak ditemukan di asuransi jiwa dan kesehatan.
5. Asuransi umum

Asuransi umum adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas kerugian, kerusakan, biaya yang timbul dan hilangnya keuntungan.

Selain itu, asuransi umum juga memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin ditanggung oleh tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa.

Produk asuransi umum yang dicari orang antara lain asuransi kendaraan, asuransi karyawan, asuransi properti, dan asuransi perjalanan.

Dalam asuransi mobil, ada dua jenis yang bisa dipilih, asuransi risiko atau TLO. Jadi, apa itu asuransi all risk dan apa itu asuransi TLO?

Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi yang menjamin segala bentuk kerugian, termasuk kerusakan ringan hingga berat, serta risiko kerugian.

Jika asuransi TLO, pertanggungan diberikan jika kerusakan kendaraan sama dengan atau lebih besar dari 75% dari nilai kendaraan sebelum kehilangan.

6. Jaminan Sosial

Asuransi sosial adalah jenis asuransi yang diberikan oleh pemerintah kepada seluruh rakyat Indonesia dengan premi yang wajar.

Ada dua jenis produk asuransi sosial, yaitu BPJS Kesehatan yang fungsinya hampir sama dengan jaminan kesehatan pada umumnya dan BPJS ketenagakerjaan yang diperuntukan bagi pekerja.

Kepesertaan BPJS Kesehatan bersifat wajib dan nasabah wajib membayar iuran bulanan sesuai jenis tier yang dipilih.

Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan bersifat sukarela, dan iuran dipotong langsung dari gaji karyawan atau dibayar oleh pemberi kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.