Cara menentukan produk toko online yang akan di jual

Ketika Anda memutuskan akan membuat toko online, maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah produk yang akan Anda jual. Pilihannya adalah:

Anda menjual beberapa jenis barang di toko online Anda
Anda hanya menjual satu jenis barang di toko online Anda

Anda harus tahu, syarat sukses berjualan online itu niche marketnya jelas. Niche Market adalah target pasar yang terspesialisasi. Dengan market yang jelas, ini akan memudahkan kita dalam fokus memasarkan produk kita nantinya.

Jika Anda akan membuat toko online tetapi tidak didukung dengan modal yang besar maka solusinya adalah Anda bekerja sama dengan pihak penyedia produk. Gunakan cara kerja sama yang cerdas dan saling menguntungkan semua pihak. Misalnya Anda memilih berjualan handphone maka Anda tidak peru belanja banyak handphone hanya untuk memunuhi stock agar jika ada yang order barang tetap ada. Anda cukup bekerja sama denga sebuah counter handphone besar. Anda bisa berterus terang bahwa Anda membuka toko online dan ingin bekerja sama dengan counter handphone tersebut dimana jika terjadi order Anda hanya perlu menghubungi pihak counter, lalu memberikan alamat pemesan, biarkan pihak counter handphone yang mengirimkannya langsung melalui jasa pengiriman expedisi.

Atau Anda juga bisa menjelaskan bahwa Anda akan berlangganan handphone ke counter tersebut jika pemilik counter bersedia memberikan harga special. Katakan bahwa handphone tersebut untuk Anda jual kembali. Jadi mekanismenya setiap terjadi pemesanan dari toko online Anda, secara manual mengambil handphone dari counter yang sudah bekerja sama dengan Anda lalu Anda mengirimkannya ke alamat pemesan melalui jasa expedisi seperti Tiki atau JNE. Bagaimana dengan ongkos pengiriman? Anda bisa menyisipkan aturan ongkos kirim di web toko online Anda. Jadi setiap pembayaran dari customer Anda akan langsung menyesuaikan dengan aturan ongkos kirim yang Anda buat.

Akan lebih baik lagi jika produk toko online Anda adalah produk langka yang tidak pasaran. Misalnya barang kerajinan, barang produksi rumahan, dll. Kenapa lebih baik? Karena Anda bisa menetapkan harga lebih leluasa dibandingkan menjual produk umum yang kebanyakan orang sudah tahu harga pasarannya. Untuk menjual produk-produk langka, Anda tidak harus membuat atau memproduksinya sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan orang-orang kreatif yang berkecimpung di dunia ini. Selamat menentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.